Halaman

Sabtu, 19 Februari 2011

belajar bahasa korea melalui drama


belajar suatu bahasa sebenarnya gampang-gampang susah. bahasa bukan matematika yang ngejelimet atau fisika yang harus logis. Kita bisa langsung jago berbahasa kalau kita langsung mempraktekannya. Jadi kunci utama mempelajari bahasa adalah praktek. contohnya, kita dari SD sampai kuliah belajar bahasa inggris terus tapi kenapa ga bisa-bisa? itu karena kurangnya praktek dan pembelajaran kosakata lebih lanjut.
Sekarang bagaimana dengan bahasa Korea? gampang ga bahasa korea? gampang ga si belajarnya?

Bahasa korea menurut gue lebih mudah dipahami daripada Jepang ataupun Mandarin (apa karena gue cuma demennya ama korea? kaga tau dah), selain huruf hangeulnya yang lebih sedikit dibandingkan huruf tradisionalnya Jepang ataupun Mandarin.  Terus gue lebih suka nada manjanya bahasa korea dibandingkan nada tertekannya orang jepang atau nada buru-burunya orang mandarin. lihat aja di korama-korama yang ada, nada bicaranya kaya manja gimana gitu
.

Dari korama inilah ada keinginan mau balajar dari diri gue, selain biar ngerti kalau-kalau teksnya amburadul juga siapa tau suatu saat nanti bisa kesana.

kalau gue cukup belajar bahasa koreanya dari korama-korama, manjur loh! gue jadi ngerti-ngerti bahasa korea hasil nonton korama berpuluh-puluh judul yang rata-rata episodenya 16. contohnya:
Unni       = dipake  cewek buat menyebut kakak cewe atau cewek yang lbh tua
Noona   = dipake  cowok buat manggil kakak cewek atau cewek yang lbh tua
Oppa     = dipake  cewek buat manggil kakak cowok
Hyung    = dipake  cowok buat manggil kakak cowok
Omma    = Ibu
Appa      = Ayah
Harabuji  = Kakek
Helmoni  = nenek
Ajhuma   = bibi
Ajhusi     = paman

sarenge    = aku cinta kamu
mianhe     = maaf
gomapseumnida  = terima kasih (buat yang dihormati/lebih tua)
kamsahamida  = terima kasih (buat yang biasa2)
gomawo  = terima kasih (sebaya)
jebal  = mohon/please…..
gwencanayo  = tidak apa-apa
pabo  = bodoh
yobuseo = halo
namu = pohon
anyio = engga
sunbae = kaka kelas
bogoshipoyo= ku rindu kamu
notemune = karena kamu
araso = aku tau
mwo= apa?
Kajima= jangan pergi
Chingu=teman
Yeoja chingu= girlfriend
Namja chingu= boyfriend

Masih banyak lagi, coba aja kalian dengerin dan lebih hayati setiap nonton korama dan maap kalau ada yang salah. Yang punya kosakata lain bisa dishare.
yang mau coba-coba belajar bisa langsung klik disini atau disini.
moga-moga aja nanti kita bakal jago bahasa korea jadi bisa ngomong langsung sama uri oppa-oppa yang ada disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar